Bed Rest / Istirahat di Kasur

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun langsung sarapan tapi nggak sekolah

Karena aku hari ini mau istirahat dulu dirumah

Lalu setelah sarapan aku langsung minum obat

Dan aku tidur lagi

Sampai aku kebangun kan nggak bisa tidur lagi

Aku baca buku deehh…

Lalu aku makan Roti

Lalu aku mandi karena dari pagi aku belum mandi

Lalu aku tidur lagi

Aku bangun lagi, maem, minum obat, dan tidur

Lalu saat sudah hampir Maghrib, aku bangun karena kayaknya Haram tidur saat menjelang Maghrib yaa?

Lalu aku ikut mama ke Alfamart dan Indomart

Lalu aku nyemil sama mas dan kakak

Lalu kita makan Bakso

Lalu aku minum obat

Dan aku pun tidur

Wassalamu’alaikum

 

Hari Pramuka

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun jam 05.56

Lalu seperti biasa aku langsung mandi

Setelah mandi aku pakai seragam

Tapi seragamnya pakai baju hari rabu, yaitu baju pramuka

Ternyata hari ini hari pramuka

Lalu aku masuk kelas

Aku melihat ada beberapa anak yang pakai baju batik hari Senin

Lalu kita semua, anak kelas 2-6 menuju lapangan upacara

Aku langsung bersama tim padus

Aku menyanyikan lagu wajib, mars SDIT, dan lagu 17 Agustus

Lalu saat pengumuman-pengumuman, kelas 4 dan 5 ditugaskan untuk membersihkan seluruh lantai di lantai 3

Haaaaaaaa………….

Tapi 4D membersihkan kelas kita yang belum selesai dibangun

Lalu kita langsung belajar, tetapi masih dilantai 2

Lalu saat pelajaran TMT BI yang sudah selesai boleh ke atas

Yeeeeeeyyyyy………..

Lalu baru sebentar belajar disana, hawa sudah puuuaaanass sekali

Mungkin karena kelasnya berisik kali ya

Yasudah lah…

Lalu kita pun pulang

Sesampainya dirumah, aku langsung ganti baju bersih2

Lalu aku makan

Setelah makan, aku tidur siang

Sebangunnya dari tidur siang, aku ikut kakak Ken nonton TV

Lalu aku membaca buku

Lalu aku mandi

Lalu aku membaca buku lagi

Lalu aku makan dan karena sudah jam 9 teng aku pun tidur

Wassalamu’alaikum

 

 

Latihan Bungong Jeumpa bersama Dirumahku

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun jam 6

Aku langsung bersih-bersih rumah

Karena teman-temanku sebentar lagi datang

Lalu aku langsung mandi

Aku baru selesai mandi, salah satu temanku sudah ada yang datang

Namanya Keisha

Lalu kita latihan berdua dulu

Lalu ada lagi yang datang namanya Fachri

Nggak lama datang lagi Namira

Lalu kita latihan bertiga dulu

Karena Fachri maunya nunggu cowok yang lain

Lalu datanglah salah satu cowok

Namanya Fadhli

Mereka malah masih tetap nggak mau latihan

Yasudah…..

Lalu datang yang terakhir

Namanya Khazin tapi sering dipanggil Khozin

Setelah beberapa kali latihan, kita mau refreshing

Kita cuma dikasih waktu 15 menit

Kita jalan-jalan ke taman

Lalu main petak umpet

Baru sekali main, alarm sudah berbunyi

Kita langsung pulang deehh……

Lalu latihan beberapa kali lagi

Lalu satu persatu pulang

Lalu setelah semuanya pulang, aku mainan HP

Lalu aku tidur siang

Bangun tdur, aku langsung mainan HP

Karena tadi HP nya dipinjem kakak Ken

Lalu aku baca buku

Lalu aku Mandi

Lalu aku shlat maghrib

Sebelum datangnya Isya’, aku masih ada waktu untuk mengaji

Lalu aku langsung shalat Isya’

Lalu aku bersihin rumah

Lalu aku main sama mas Bumi

Lalu aku pun tidur

Wasslamu’alaikum

Pergi Sama Mama Part 3

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun jam 8 pagi

Aku mainan HP

Lalu aku mainan laptop

Lalu setelah mainan laptop

Lalu aku mandi karena mau pergi

Lalu setelah mandi, aku langsung pakai baju pergi

Tapi ternyata berangkatnya jam 15.00

Ya Allah……

Yasudah lah kita berangkat

Sesampainya disana, aku langsung turun

Lalu langsung menuju ketempat bermainnya

Tidak seperti biasanya, kita mainnya di sand

Tapi disitu buatku membosankan

Lalu keluar dari sand, kaos kaki sanndd…. semua

Lalu mas minta mancing ikan

Yasudah kita turuti saja

Lalu kita maem di bakmi GM

Lalu kita pulang deehhh….

Sesampainya dirumah, aku langsung shalat Maghrib

Lalu ngaji sama om ustad

Setelah ngaji, aku shalat Isya’

Lalu aku mainan HP

Lalu aku maem

Lalu tidur deehhh…….

Wassalamu’alaikum

Aku Menjadi Imam Putri

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun seperti biasa langsung mandi

Lalu aku sarapan, dan berangkat

Sesampainya disekolah, aku langsung meletakan tas

Lalu aku sedikit ngobrol sebelum baris

Lalu aku baris didepan kelas

Pelajaran pertama adalah THF tetapi diganti IMLA’

Lalu pelajaran kedua adalah OR (Olahraga)

Saat OR, kita main GALASIN / Gobak Sodor

Aku dan kelompokku menang terus

Yeeeeyyy…..

Saat istirahat, aku makan bubur dan beli susu

Lalu saat sudah bel, kitanggak boleh masuk ke kelas dulu

Karena yang putra mau ganti baju

Lalu yang putri pun masuk

Pelajaran ketiga adalah IPA

Kita belajar tentang ” Sifat2 Bunyi”

Lalu kita makan siang dulu karena yang putra mau shalat Jum’at

Lalu setelah makan, aku langsung minum obat

Lalu saat putranya sudah pergi, kita yang putri lepas kerudung

Hari Jum’at adalah hari kebebasan untuk anak Putri

Setelah ganti baju, aku ikut main UNO

Aku tadinya nggak ngerti, sekarang jadi ngerti deehh

Lalu kita shalat Zhuhur

Dan aku Imam-nya

Aaaaaaaa………

Yasudahlah, hmmmmmmppphhh…….

Setelah shalat Zhuhur, karena yang putra belum sampai, kita main lagi deehh….

TIBA-TIBA…….

Yang putra datang…….

Untung kita mainnya pakai kerudung

Lalu kita menulis buku penghubung

Pelajaran terakhir adalah THF

Setelah THF kita pun pulang

Sesampainya dirumah, aku langsung ganti baju

Lalu aku tidur di depan TV

Sebangunnya aku langsung melihat mas Banyu habis nangis karena nyariin mama

Mama dan yang lainnya baru main basket

Aku anter dia kesana

Tapi baru sampai belokan, sudah kelihatan mabil Fortuner dan motor Vespa

Yasudah kita balik pulang lagi deehh…

Lalu saat dirumah, nonton Bungong Jeumpa

Setelah itu aku main sama Mas dan Kakak

Lalu aku mandi

Setelah pakai baju, aku nyapu rumah

Lalu aku nonton TV

Lalu aku baca majalah Bobo langsung tidur

Wassalamu’alaikum

Membuat Pouch Sendiri

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun jam 6

Lalu seperti biasa aku mandi, dan sarapan

Setelah sarapan, aku menunggu om ustad sambil mainan HP

Lalu aku berangkat deeehhh……

Sesampainya disekolah, aku langsung baris diluar

Lalu kita langsung pelajaran IPS dan MM

Lalu kita shalat dhuha, istirahat deehh

Lalu kita langsung masuk ke pelajaran BE dan Talent

Lalu kita pulang deehhh…

Sesampainya dirumah, aku langsung mandi

Setelah ganti baju, aku langsung shalat manghrib

Lalu aku ngaji sendiri sampai Isya’

Lalu aku shalat Isya’

Aku melanjutkan membuat pouche menggunakan kain perca

Dan jadi………

Aku juga bikin hiasannya

Seperti bunga mawar dan Pita

Lalu aku maem pakai bebek

Lalu aku minum obat, lalu aku pun tidur….

Wassalamu’alaikum

 

 

Kerumah Pakdhe

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun jam 8 pagi

Aku mainan HP dan squishy

Lalu aku main sama Kakak Ken

Lalu aku mandi

Setelah mandi, aku sarapan

Lalu aku Main sama mas dan kakak

Lalu aku dan kakak mainan egrang

Setelah bermain egrang, kita nonton TV

Lalu aku tidur siang

Saat aku tidur, terdengar kebrisikkan diatas ku

Ternyata aku memang disuruh bangun

Karena kita mau ke rumahnya pakdhe

Horeeee…..

Lalu aku langsung ganti baju

Lalu kita berangkat deehh……

Lalu setelah sampai, aku langsung menuju ke belakang

Karena mb Sasa Dan mb Dennis tidur, aku main sama kakak deehh…

Ternyata disini ada monyet looohh….

Namanya si Amang

Setelah melihat si Amang, aku lalu cuci kaki

Setelah cuci kaki, aku jalan-jalan keatas

Ada banyak tangga

Lalu karena sebentar lagi Maghrib, jadinya aku boleh mbangunin mb Sasa n Mb Dennis

Lalu sambil menuggu mereka bangun, aku sama Kakak Ken main slime

Lalu aku shalat Maghrib dibawah

Lalu aku main keatas lagi

Setelah itu aku dan mb Sasa n kk Ken maem

Lalu setelah maem, kita main dikamarnya Budhe

Lalu mb Sasa mau ngerjain PR ngajak aku

Aku bikin squishy, mb Sasa ngerjain PR

Lalu tiba2 Aku sama KK suruh pulang

Yaaaaaahhhhh………

Sesampainya dirumah, aku langsung ganti baju

Lalu aku melanjutkan tidur yang dimobil deehhh…..

Wassalamu’alaikum

Jalan – Jalan Sama Mama Part 2

Assalamu’alaikum

Hari ini aku bangun jam 8

Lalu aku mainan HP

Mama dan Kakak baru beli sarapan

Setelah mama dan kakak pulang, aku dan mas Mi Nyu langsung maem

Setelah maem, aku mandi

Lalu aku siap-siap karena kita mau pergi

Kita mau nganterin kakak les ballet

Kakak Ken naik level, wooooowww!!!!!

Dia jadi tingkat pemula 1

Lalu kita pulang

Sesampainya dirumah, aku langsung mandi karena kepanasan

Lalu aku makan siang

Lalu aku mainan HP dikamar sus

Setelah itu aku disuruh bobok

Bangun tidur, aku mainan HP lagi

Setelah mainan HP, aku mandi karena kita mau pergi lagi

Kita mau ke Living Plaza Cinere

Kita mau main di FUN POLIS

Setelah main kita makan di Bakmi GM

Lalu main lagi di FUN POLIS, tapi kita main di luarnya bukan di tempat yang tadi

Lalu mama pesen Pizza untuk dibawa pulang

Lalu sambil menunggu aku dan adik2 ku main dulu

Setelah coinnya habis, kita tuker deh

Kita dapat note book 2

Lumayan laaaahhh…

Lalu kita pulang

Sesampainya dirumah, kita langsung makan Pizza nya

Langsung habis, aku baru makan 1 slice

Lalu aku nyapu rumah

Setelah itu aku mainan HP

Lalu aku siap-siap mau tidur

Dan aku pun tidur…..

Wassalamu’alaikum

 

Ikut Marawis

Assalaum’alaikum

Hari ini aku bangun seperti biasa, aku langsung mandi

Lalu aku sarapan dan berangkat deh

Sesampainya disekolah dari pagi sampai sore itu seruuuu banngget

Sampai akhirnya aku keluar kelas

Tapi aku nggak langsung pulang, karena aku mau ikut Marawis

Selesai marawis, aku langsung ke parkiran

Tapi aku belum dijemput

Setelah om datang, kata om macet dimana-mana

Aku bilang ” Oooooo”

Sesampainya dirumah, ak langsung ganti baju

Lalu aku mainan HP

Lalu aku mau bikin mie

Saat aku bikin mie, kakak Ken bangun dari tidurnya

Lalu saat aku makan mie aku sambil nonton TV

Lalu saat aku selesai makan mie, aku nyuci piring kayak kemarin

Lalu aku mandi

Setelah mandi, aku mainan HP

Lalu aku nonton TV

Lalu mainan HP lagi sambil menunggu nasinya mateng

Setelah nasinya mateng, aku maem sambil nonton TV sama kakak

Lalu aku mainan HP sambil tiduran

Sampai aku tertidur

Wassalamu’alaikum

Jalan terjal untuk pencari tobat

Tulisan ini adalah hasil reaksi dari beberapa kali interaksi, mengamati fenomena media sosial lengkap beserta pengumuman aksi unfollow.

“Semoga dimudahkan untuk mendapat hidayah”

“Cepat bertobat sebelum kiamat”

“Sholatlah sebelum disholatkan”

dan jenis jenis himbauan  yang bernuansa bijak, hampir bisa dipastikan mempunyai niat yang baik dari pengucap (penulis)nya. Akan tetapi di sudut lain, kalimat-kalimat ini adalah kalimat yang egois, tendensius, dan kental bernuansa judgement. Seorang yang berani karena benar, betul, yang layaknya mengucapkan kalimat-kalimat ini, seorang yang sudah mencapai taraf bahwa untuk mengajak kebaikan dan jalan tobat, justru tak pernah berucap kalimat bijak yang bernuansa pertobatan, tapi dengan contoh dan perbuatan.

Ghirah memang sedang bergairah, mobilisasi massa sebagai perwujudan yang diamini sebagai bentuk konkret ghirah ini sudah terjadi beberapa kali terjadi di Jakarta, tulisan, postingan di media sosial yang bagai bola salju mengajak kebaikan yang tak pernah putus, dan terus terang saya sebagai pribadi sudah gerah. Bukan, bukan karena saya tidak suka dengan semangat ini, bukan pula saya anti mainstream dan sok pluralisme, tapi lebih kepada kekhawatiran pribadi saya tentang sudut yang lain tadi.

Bukankah kita sebagai manusia ini, yang pasti itu cuman ada satu, yaitu mati. Dan buat pemeluk agama samawi, yang mana secara konsep hampir semua bersetuju adanya kerinduan kita terhadap sosok ilahi, Rabb, semesta alam. Bahwa Jalan menuju tobat, menuju kembali ke jalan yang “ihdinash shirothol mustaqiim” untuk kembali bersandar pada Dzat Tunggal ini selalu menghinggapi nurani kita. Resah, Gelisah, Was-was, adalah salah satu rambu kita sudah menyimpang dari jalan ini. JJadi buat saya, jalan pertobatan itu adalah jalan “default” menuju “last resort”. Udah ga perlu diajari lagi, ga perlu dibilangin di muka umum.

Justru dengan metode push, mengeluarkan semacam kalimat-kalimat di atas, kita memberikan posisi bahwa yang diberikan nasihat adalah orang yang belum tahu kalau dia perlu tobat. Hello ? Kapan terakhir kamu tidak resah? tidak gelisah? tidak was-was ? Alih-alih orangnya akan mendapat hidayah, justru kita bisa membuat orang tersebut tersinggung harga dirinya, membuat dia malah lebih jauh lagi dari pintu tol jalan “default”. Kalau udah gini, pasti yang suka memberikan nasihat bijak ini cuci tangan, semata berpegang pada dalil “semua tergantung dengan niatnya, kan niat gue baik”. Betul, tapi dia juga lupa dalil dalil lain tentang penggunaan akal sebagai alat berpikir, dalil tentang menghormati dan mengharga orang lain, dan segudang dalil berkehidupan sosial.

 

So What ? buat saya, orang mau meniti jalan pertobatan itu ga perlu diajak bertobat. metodenya jangan push, tapi pull namanya juga mengajak kebaikan, bukan mendorong kebaikan. Jangan diberikan banyak banyak kalimat bijak, tapi justrulah diberikan contoh yang kongkret tentang cara menjalani jalan pertobatan. Kita bisa menjawab orang yang bertanya, “Rumah X ada dimana ya?” terus kita dengan gampang jawab, perempatan depan, belok kanan, ketemu pertigaan belok kiri, sebelah kiri ada pohon kelapa, nah rumah X ini adanya 3 rumah setelah nya di sebelah kanan”  atau kita bisa juga, langsung menemani orang tersebut menuju rumah X tanpa banyak bicara. Menurut Ngana lebih efektif mana ?